Sunday 4 December 2011

Diri Kita


Sedekit membaca dan bisa banyak menulis...
ada beberapa motivasi yang baru saja saya baca, maklum saya pengemar buku-buku motivasi, islami, dan kadang-kadang ilmiah juga. berbicara tentang buku bacaan, menurut saya apa yang kita baca itu akan jadi kiblat dari omongan, sikap dan perlakuan kita. karena secara otomatis apa yang kita baca dan menarik itu bisa diterima baik oleh otak dan berusaha ditiru dalam keseharian kita. perkataan baik, perkataan buruk, perilaku baik, perilaku buruk, cara berfikir baik dan cara berfikir buruk. yap, semua karena apa yang kita lihat, kita baca dan kita masukkan kedalam otak itu secara otomatis menciptakan kebiasaan baru. cuma menyarankan kepada kalian para pembaca, bacalah sesuatu yang baik dan kalian akan mendapat efek yang baik pula. contoh kongkrit rasulullah, membaca dan menghapalkan alquran setiap harinya. alhasil, beliau adalah suri tauladan yang tidak ada bandingannya sampai sekarang.

kembali ke topik, ada sedikit kata motivasi yang ingin saya bagikan disini. simak dan resapi ini kata kuncinya.

kita menilai diri dari apa yang kita fikir bisa untuk kita lakukan, padahal orang lain menilai kita dari apa yang sudah kita lakukan. untuk itu apabila anda berfikir bisa melakukan sesuatu, jangan hanya habis difikiran tanpa ada satu tindakan. tapi segera lakukan.
seseorang sering sekali melakukan sesuatu seperti ini, angan-angannya sudah melambung tinggi ke angkasa, tapi pergerakannya masih minim atau bahkan nihil. misalnya saja sepasang manusia yang sedang pacara, si cewek nuntut agar si cowok tidak melakukan hal-hal negatif. si cowok bilang "aku pasti bisa" tapi itu hanya sekedar omong kosong, karena dalam kenyataannya belum bisa dibilang benar sebelum si cowok bisa menghindari hal negatif itu untuk jangka waktu yang lama. orang-orang yang berfikiran seperti si cewek ini jangan dihindari, karena darinya lah kita mendapat sudut pandang yang baru untuk hidup kita yang lebih baik.


Anda tidak akan berhasil menjadi pribadi baru bila anda bersikeras untuk mempertahankan cara-cara lama anda. dan anda akan benar-benar disebut baru, hanya bila anda mengunakan cara-cara baru anda.
kebiasaan buruk kita, omongan buruk kita, sifat buruk kita, dan semua yang berhubungan dengan hal negatif itu tidak akan benar-benar hilang sampai kalian mempunyai kebiasaan baik, omongan baik, sifat baik sebagai pembaharuan pribadi kita. tidak mudah memang menjadi orang yang baik, tapi dengan membiasakan diri berbaik kepada diri kita, maka secara otomatis kita sedang perlahan berusaha menghapus cara-cara buruk untuk diganti dengan cara-cara hidup yang lebih baik.

Waktu mengubah semua hal didunia ini, kecuali pemikiran kita!! kita mungkin menua dengan berjalannya waktu, tapi belum tentu kita akan dewasa dan membijak. kitalah yang harus mengubah diri kita sendiri.
bayi-anak-muda-dan-menua adalah hal yang pasti terjadi dalam diri kita. karena itu adalah sunatullah, meskipun kadang ajal menjemput sebelum kita muda, sebelum kita tua. semua berjalan tanpa kita usahakan, karena itu sudah menjadi ketentuan tuhan. tapi untuk sebuah kebaikan dan kebijakan tuhan sudah menyiapkan otak untuk kita untuk berfikir secara independent. mendengar, berjalan, melihat dan belajar adalah suatu bentuk usaha untuk mendapatkan kebaikan dan kebijakan dari tuhan. yap seperti iklan Biore *hidupku takkan berubah sebelum aku merubahnya.

kita hanya mayat hidup bila tidak bisa mengusahakan yang baik didunia ini, usaha adalah sesuatu yang kongkrit untuk menunjukan bahwa kita sedang berjalan untuk kebaikan. sudut pandang mereka yang kritis jangan dianggap sebagai sesuatu yang buruk, karena sebenarnya dia ingin kita tampil lebih optimal dalam kehidupan. kita buang cara-cara buruk kita dimasa lalu untuk mendapatkan cara-cara baru yang lebih baik untuk masa depan kita yang lebih indah. dan jangan sampai telindas waktu dalam ketidak berdayaan hidup, waktu terus berputar kita pun harus berevolusi menjadi lebih baik dan lebih bijak. ingat menua itu suatu kepastian tapi baik dan bijak itu pilihan yang kita sendiri akan menentukannya. *sok bijak *yoben :)
 
;