Saturday 3 December 2011

Cara Menghilangkan Malas

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّه صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَعْقِدُ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ إِذَا هُوَ نَامَ ثَلَاثَ عُقَدٍ يَضْرِبُ كُلَّ عُقْدَةٍ عَلَيْكَ لَيْلٌ طَوِيلٌ فَارْقُدْ فَإِنْ اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَإِنْ تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَإِنْ صَلَّى انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ وَإِلَّا أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلَانَ

“Dari Abu Hurairah radhiyallahu ’anhu bahwa Nabi shollallahu ’alaih wa sallam bersabda: “Syetan akan mengikat tengkuk salah seorang di antara kamu apabila ia tidur dengan tiga ikatan. Syetan men-stempel setiap simpul ikatan atas kalian dengan mengucapkan: Bagimu malam yang panjang maka tidurlah. Apabila ia bangun dan berdzikir kepada Allah ta’aala maka terbukalah satu ikatan. Apabila ia wudhu, terbuka pula satu ikatan. Apabila ia sholat, terbukalah satu ikatan. Maka, di pagi hari ia penuh semangat dan segar. Jika tidak, niscaya di pagi hari perasaannya buruk dan malas.” (HR Bukhary 4/310)




Untuk bisa mengatasi rasa malas, kita harus tahu beberapa penyebabnya. dan ternyata dijelaskan pada hadist penyebab kemalasan atau ogah-ogahan dalam melakukan aktifitas sehari-hari adalah godaan syetan. ternyata lagi nih, syetan mengikat tengkuk manusia disaat tidur. dan kita harus bisa melepaskan ikatan tersebut supaya kegiatan kita seharian tidak terganggu dengan rasa malas.

dan beruntunglah untuk seorang muslim, sebab cara melepaskan ikatan-ikatan syetan tersebut adalah dengan ibadah sholat. tentu dengan urutan tata caranya terlebih dahulu. yap, dalam sebuah hadis dikatakan " Jika kita bangundan mengingat Allah (berdoa bangun tidur) maka lepaslah satu tali ikatan syetan tersebut. jika kemudian dia berwudlu maka lepaslah tali kedua dan yang terakhir apabila Dia mendirikan sholat maka lepaslah seluruh ikatan dan pada pagi harinya ia akan merasa semangat dan kesegaran yang menentramkan jiwa. tapi bila dia tidak melakukan seperti itu maka pagi harinya jiwanya merasa tidak segar dan menjadi malas beraktivitas".

jadi lakukan ini setiap bangun tidur, berdoa, berwudlu dan mendirikan sholat. mudah yaa??? masih males juga??? itu maah seperti sayaa berarti.. udah bawaan lahir... *wkwkkwkwkwkkk
 
;