Saturday 19 November 2011

Sholat Dan Wudlu


Wudlu merupakan ritual membersihkan diri dari najis dan kotoran yang melekat dibadan kita sesaat sebelum kita melakukan ibadah sholat. widlu merupakan ritual yang mudah, karena kemudahannya itulah banyak orang yang menyepelekannya, asal-asalan, ogah-ogahan, sak penake dewe (semaunya sendiri) saat sedang melakukannya. mungkin karena kita belum tahu luar biasanya sesuatu yang terjadi saat kita sedang wudlu, mungkin karena kita lupa mempelajari secara lengkap ilmu tentang berwudlu itu sendiri. naah dikesempatan yang berbahagia ini, ada ilmu yang bisa kita ketahui rahasia apa yang terjadi saat kita sedang berwudlu.


Dari Abu Hurairah, bahawasanya Rasulullah bersabda: "Apabila seseorang hamba yang Muslim atau mu'min itu berwudlu, lalu ia membasuh mukanya, maka terhapuslah semua kesalahan atau dosa dari kedua matanya, mengalir bersama air wudhunya sampai tetesan yang terakhir. Jikalau ia membasuh kedua tangannya, maka terhapuslah dari semua kesalahan atau dosa yang dilakukan oleh kedua tangannya, mengalir bersama air wudhunya sampai tetesan yang terakhir. Selanjutnya apabila ia membasuh kedua kakinya, maka terhapuslah semua kesalahan atau dosa yang dijalankan oleh kedua kakinya, mengalir bersama air wudhunya sampai tetesan yang terakhir. Sehingga akhirnya keluarlah ia dalam keadaan suci dari semua dosa." (Riwayat Muslim)

subhanallah, luar biasa yaa??? sebenarnya saat wudlu ini kita tidak hanya sedang membersihkan najis yang ada dibadan kita tapi juga sedang membersihkan dosa-dosa dari mulut, mata, tangan, dan kaki kita. sungguh tuhan itu maha pengampun :)

setelah berwudlu, ritual ibadah selanjutnya adalah sholat. sholat ini adalah tiang agama, seseorang yang meninggalkannya dengan sengaja maka dia telah mengarahkan dirinya kepada kekafiran (HR. Ahmad). sholat juga mempunyai banyak rahasia didalamnya, tapi ini yang akan kita bahas kali ini :

Rasulullah bersabda : "Bagaimanakah pendapatmu bilamana didepan pintu rumah kalian ada sungai, kalian semua mandi (setiap saat memasuki rumah) dalam seharinya 5 kali, apakah masih ada kotoran yang melekat pada badan orang tersebut?"

Para sahabat menjawab,"tidak ada kotoran pada badan orang tersebut, ya Rasulullah. "kemudian Rassulullah melanjutkan sabdanya; " Demikian itulah contoh sholat lima waktu, Allah akan melebur membersihkan segala kesalahan." ( HR.Bukhori Muslim )

sebenarnya bila kita menyadari setiap ibadah yang kita lakukan, Allah selalu mengutamakan sisi pengampunanNya. karena Allah tau, setiap harinya kita tidak pernah lepas dari apa yang bernama DOSA. yakinilah ilmu ini didalam hati, karena ilmu itu akan ajaib bila kita menyakini kebenarannya :)
 
;