Saturday 12 November 2011

Hatilah Yang Menggerakkan Kita



"Aku bukan malaikat yang selalu benar dan baik, tapi aku juga bukan syetan yang selalu salah dan berbuat dosa. aku hanya manusia yang berada diantara keduannya. yang kadang berbuat baik dan kadang tergoda untuk berbuat dosa.

Memang pada dasarnya manusia bukan suatu ciptaan yang bisa berbuat benar terus menerus didalam hidupnya. tuhan sendiri yang menciptakan manusia secara sempurna dengan akal dan tenaga. tapi tidak begitu saja, tuhan juga menciptakan manusia super yang sering disebut rasul atau nabi. untuk mengatur bagaimana hidup harusnya berjalan, manusia super itu diberi mukjizat dan kitab sebagai bukti kekuasaan tuhan. kitab itu berisi petunjuk untuk segenap manusia agar manusia belajar mengunakan akalnya dan menjalankan kebaikan dengan tenaga dalam tubuhnya. eits, tidak sampai disitu. karena dunia ini adalah tempat manusia memilih kemana hidupnya akan dibawa, maka tuhan juga menciptakan iblis yang beranakan syetan yang bisa mempropagandakan pikiran manusia untuk berbuat kejahatan.


Hidup ini tidak mudah, godaan selalu datang silih berganti. cobaan dari tuhan, sebagai ujian atas keimanan kita juga sering berdatangan. tapi taukah kalian bagaimana cara agar hidup ini senantiasa dalam kebaikan??? jawabanya adalah jagalah HATI. iya, secara tidak langsung hati berperan besar dalam hidup kita. kebaikan dan kejahatan selalu berawal dari hati. ilmupun saya rasa tidak berguna bila kalian tidak mengunakan hati dalam pengamalannya, begitu juga saat kita berbuat baik, bila tidak dilakukan sepenuh hati, semuanya hanya sia-sia dihadapan tuhan.

Rasulullah SAW bersabda, "Ingatlah, dalam tubuh manusia itu ada segumpal daging. Kalau segumpal daging itu baik, maka akan baiklah seluruh tubuhnya. Tetapi, bila rusak, niscaya akan rusak pula seluruh tubuhnya. Segumpal daging itu bernama qolbu!" (HR. Bukhari dan Muslim).

Luar biasanya hati, hati sebagai tolak ukur kebaikan dan keburukan jasad kita. ilmu dimasukan kedalam hati jadilah pribadi yang baik. sedangkan syetan dimasukan kedalam hati timbulan kejahatan-kejahatan mulai dari yang kecil dan akan menjadi besar.

Rawatlah hati semasa hidupmu,
karena hati yang akan membawa kemana hidupmu berlabuh.
hidupkan hati dengan ilmu,
hidupkan hati dengan ibadah,
hidupkan hati dengan sedekah,
hidupkan hati dengan saling membantu.
karena itu yang akan membawa hidupmu kejalan yang lurus.
 
;