Friday 18 November 2011

Debat ? Inilah Jalan Terbaik


Ini yang lagi ngetrend dikalangan muslim yang sedang merajut ilmu. ketika kita diuji allah azza wajalla dengan ilmu yang kita miliki. ketika kita sedang merasa ilmu yang kita miliki adalah ilmu yang paling benar, ketika kita mulai sok pintar dengan hanya secuil ilmu yang kita miliki. iya, perdebatan. kita merasa harus memenagkan pedebatan bila kita masuk didalam alurnya, kita harus memenangkan ideologi yang kita punya, kita harus mengalahkan ideologi dan faham lain. secara tidak langsung sebenarnya kita sedang berusaha mengeraskan hati kita saat kita melakukan perdebatan, kita sedang berusaha menjjadi orang sombong karena kita diliputi oleh rasa "menjadi orang paling benar".

padahal jauh sebelumnya, rasulullah telah memperingatkan kita untuk menghidari perdebatan..


Rasulullah bersabda : “Tidaklah sesat suatu kaum setelah mendapatkan hidayah untuk mereka, melainkan karena terlalu banyak berdebat.” (HR Ahmad)

Rasulullah bersabda : “Aku adalah penjamin sebuah istana di taman surga bagi siapa saja yang menghindari perdebatan sekalipun ia benar dan penjamin istana di tengah-tengah surga bagi siapa saja yang meninggalkan dusta sekalipun bercanda”. (HR. Abu Daud)

lebih baik mendapat jaminan istana disyurga, walaupun harus dipermalukan saat diam diperdebatan. orang yang berilmu lebih tau bagaimana cara mengambil sikap yang paling tepat. berilah nasehat, dengan begitu kita tidak perlu saling berdebat. hindarilah perdebatan, ini bukan cara seorang muslim dalam menyelesaikan masalah.
 
;