Wednesday 16 November 2011

Kebaikan adalah Fitrah


Hati seorang muslim yang teguh atas konsekuensi iman dan takwa selalu merasa nyaman dengan kebaikan. selanjutnya, kebaikan tersebut akan menjadi kebiasaannya. begitulah asal mula terciptanya kebiasaan. ketika seseorang sudah mulai terbiasa dengan sesuatu, maka sesuatu tersebut akan menjadi kebiasaan baginya. berawal dari sikap terbuka, kemudian merasa tidak asing, lalu muncul perasaan nyaman, selanjutnya akan menjadi kebiasaan. ada istilah jawa "witing tresno jalaran soko kulino", iya sangat benar sekali ketika kita sudah terbiasa maka kita akan bisa mencintai kebaikan itu.

rasulullah bersabda : kebaikan adalah kebiasaan baik dan keburukan adalah kebiasaan buruk. barang siapa yang Allah kehendaki kebaikan padanya maka allah akan memahamkan agama kepadanya (sunan ibnu majah [sahih al-jaami])

sebenarnya manusia dilahirkan dari sesuatu yang fitrah. rasulullah bersabda :
setiap bayi yang dilahirkan dalam keadaan fitrah (dalam artian seseorang yang akan mencari kebenaran dari yang menciptakannya yaitu Allah azza wajalla, kemudian bila mereka menjadi yahudi, kristen, atau nasrani itu karena pengaruh orang tua mereka)

fitrah yang sehat membuat hati merasa nyaman dengan kebaikan. sama kondisinya dengan akal yang sehat, ia lebih bisa menerima kebaikan daripada keburukan.

mintalah fatwa pada hatimu...
mintalah fatwa pada hatimu...
mintalah fatwa pada hatimu..
"kebaikan adalah sesuatu yang menenangkan jiwa, sedang keburukan selalu menggelisahkan jiwa dan mengoncang hati" ini yang dikatakan rasulullah saat menasehati wabishah tentang kebaikan dan keburukan pada hati. (HR Ahmad)

dari hadist-hadist diatas menegaskan,bahwa kebaikan bukanlah sesuatu yang asing bagi fitrah setiap manusia. selama hati dan akal masih sehat, manusia akan terus terbiasa berbuat baik selama hidupnya. dan biasakan kebaikan itu dari yang kecil hingga yang besar, dari yang mudah sampai yang sulit, dari yang ringan hingga yang berat. karena allah selalu membantu saat kita sedang berusaha berbuat kebaiakan :)

subhanallah, luar biasa 3 minggu terakhir ini..
allah menurunkan hidayah yang luar biasa :)
 
;