Thursday 3 November 2011

Bila Kita Tahu


Manusia mempunyai batas hidup. dari janin, menjadi bayi. dari bayi, menjadi anak kecil, kemudian tumbuh menjadi dewasa, setelah itu menjadi tua dan mati. kematian menjadi sebuah pemisah antara jasad dan ruh. kematian menjadi penghenti manusia untuk menikmati dunia. tidak pasti kapan datangnya, janin, anak, dewasa dan orang tua semua mempunyai kemungkinan yang sama. semua manusia mempunyai batas dalam menikmati kehidupannya. senua mempunya kemungkinan untuk mati kapanpun itu.

Kebanyakan manusia saat ini berfikir seperti ini "aku masih muda untuk mati" (konyolkan???). padahal semua sudah tertulis dilaul mahfuz yang didalamnya sudah teratur kapan manusia itu dijemput malaikat maut. harusnya manusia sadar, hal yang terdekat dan pasti akan terjadi didalam kehidupannya adalah KEMATIAN.

dengan mengingat mati sebenarnya kita akan menjadi manusia yang baik.
dengan mangingat mati sebenarnya kita akan menjadi manusia yang bijak.
dengan mengingat mati sebenarnya kita akan menjadi dekat kepada allah.

melihat hujan dan merenung,
saya berfikir bila saya mati esok pagi, apa yang saya bawa untuk menghadap tuhan???
amal-amal yang mana yang akan menemani saya??? kebaikan-kebaikan mana yang akan saya tunjukkan kepada tuhan??? yang ada hanya dosa, dosa, dan dosa. ternyata kita berlumur dosa teman. kita hanya sadar akan dosa saat kita dipojokkan dengan apa yang namanya kematian.

kemudian saya berandai-andai bila manusia diberi tahu bahwa besok ia akan mati, apa yang akan mereka perbuat. jawaban saya mungkin mewakili semua manusia yang ada dimuka bumi ini..

bila kita tau kita akan mati, pasti kita bertaubat berharap semua dosa kita terlebur dihari sebelum kematian kita datang.

bila kita tau kita akan mati, kita pasti akan memanjangkan sujud dalam sholat kita dan menangis seraya berharap tuhan memberikan ampunanya.

bila kita tau kita akan mati, pasti kita memberikan kebaikan-kebaikan kepada semua orang yang ada disekitar kita.

bila kita tau kita akan mati, kita tidak akan pernah berbuat keburukan kepada siapapu walau hanya dalam bentuk kata-kata.

bila kita tau kita akan mati, kita akan rela bersujud kepada orang yang kita sakiti untuk mendapatkan maaf.

bila kita tau kita akan mati, kita akan memberikan kasih sayang yang luar biasa kepada orang-orang disekeliling kita.

bila kita tau kita akan mati, kita akan melakukan apa saja untuk membuat orang yang kita sayangi bahagia.

bila kita tau kita akan mati, kita akan memberikan segala bentuk harta kita kepada orang-orang yang kurang mampu, untuk mendapatkan besarnya pahala.

sayangnya itu hanya sebuah lamunan, sewajarnya manusia sering tergoda. kadang ingat dan kadang lupa. kadang bersifat baik dan kadang buruk. kadang ikhlas dan kandang pamrih. kadang merasa penuh dosa dan kadang merasa tidak punya dosa. kadang memberi dan kadang meminta.

untuk kebaikan hidup kita, perbanyaklah mengingat mati.
karena kita tidak akan abadi berada disini.
lakukan kebaikan yang bisa kamu lakukan,
karena sekali mati kalian tidak akan pernah hidup kembali.
 
;