Thursday 19 January 2012

Apa Itu Dewasa


Dewasa..
kata-kata yang sering kita dengarkan atau kita tulis tapi kita lupa memaknainya. coba klo instan menjawab apa itu dewasa??? kita malah bingung sendiri. kita tidak benar benar tau apa arti dewasa. karena menurut kita dewasa adalah setelah anak-anak dan sebelum tua. hanya sekedar fase alur kehidupan, anak-remaja-dewasa-tua. yaah, maka wajar bila arti kata dewasa kita tidak bisa memaknainya.

Kedewasaan sejati terletak disikap atau attitude, dan bukan pada umur. seringkali kita berpikir, jika usia yang menua merupakan tanda yang mutlak dari sebuah kedewasaan. Tetapi ternyata tidak, Usia bukanlah faktor penentu dari sebuah kedewasaan. bahkan menurut saya dewasa itu bukan termasuk alur hidup yang sebenarnya. karena dari anak menuju remaja dan akhirnya tua. kenapa tua??? karena tidak semua manusia bisa dewasa tepat waktu, ada yang dewasa saat remaja dan ada pulan yang dewasa setelah mempunya 5 orang anak. ada istilah untuk ini "menua itu sebuah kepastian, tapi dewasa itu sebuah pilihan".

menurut saya, dewasa dapat diukur dari, bagaimana seseorang menyikapi suatu masalah dan bagaimana seseorang dapat mengambil pelajaran dari masalah itu. selain itu dewasa dapat dilihat dari cara berpikir seseorang, sikap berjiwa besar dan open mind. dewasa bukan berarti menjadi seorang cowok atau cewek yang gaul, berpakaian trendy, perokok, minum, punya pacar, playboy, playgirl, punya cowok, sombong, tapi tidak mampu menyelesaikan masalah secara objektif dan tidak berjiwa besar.

Ada ungkapan yang menyatakan demikian: “Our attitude is our altitude.” Sifat kita menentukan seberapa tinggi tingkat kedewasaan kita dalam menyikapi hidup. Ketika kita memprioritaskan kepentingan, kesenangan orang lain di atas kepentingan atau kenyamanan kita sendiri, maka kita sudah dewasa. Dan ketika kita mengerjakan semua tugas dan tanggung jawab tanpa adanya pengawasan dari orang lain yang punya kedudukan lebih tinggi dari kita, maka kita sudah bisa mengatakan kalau kita adalah orang dewasa.

yaah, kita bisa disebut dewasa itu saat pola pikir kita sudah terbuka lebar. saat menjalani kehidupan seperti biasa, saat mendapatkan kesenangan, saat mendapatkan penderitaan, saat mendapatkan cobaan. semua dilalui dengan tegar dan positif. itulah kedewasaan kalian.

tapi hati-hati dengan pola fikir masyarakat indonesia, kebanyakan dari mereka mengunakan alur sebagai berikut.
1-12tahun = Anak-anak
12-15tahun = ababil tingkat pemula (sensitif dikit)
15-18tahun = ababil tingkat atas (sensitif tanpa padang bulu)
18-21tahun = ababil hampir pudar (sensitifnya pake logika)
21-25tahun = ababil semi dewasa (sensitif-gag-sensitif terserah)
25-akhirhidup = terserah mau dewasa apa langsung tua, pilih sendiri.
hahahahaha, iyaa itu yang saya dapet dari penelitian dari sebagian teman saya. semoga kita cepat dewasa ya, karena saya juga masih belum matang untuk dewasa. ehheeeemmmm, saya masih remaja. hahahahahaha

"buat remaja yang sedang nganggur, jangan fesbukan mulu dong. buat karya atau sibukan diri dengan hobby atau hal positif lainnya. itu yang akan sedikit membantu kita menuju kedewasaan"
 
;