Thursday 26 May 2011

Pencetus Kesombongan

Berbagai kelebihan yang dimiliki oleh manusia bisa berpotensi untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT tetapi bisa juga sebaliknya. membuat manusia lupa diri, tinggi hati dan sombong. Ada tiga hal yang sering diagung-agungkan oleh manusia yang kalau tidak kita sikapi dengan bijak, justru akan melemparkan kita ke neraka. naudzubillah, semoga kita termasuk hamba allah yang bisa mengendalikan itu semua.
Ketiganya adalah:

1. Ilmu
Sebuah nikmat yang luar biasa, tidak semua orang mempunyai ilmu yang tinggi. ada pepatah mengatakan semakin berisi semakin merunduk, tapi apa dikata tidak semua pepatah itu benar. ada kalanya orang yang semakin berisi dengan ilmu malah congkak dan sombong. kemudian merasa hebat dengan ilmu yang telah ia miliki, dan merendahkan orang lain karena ia merasa lebih pintar dan lebih cerdas.Padahal dibalik itu semua Allah SWT lebih menyukai orang yang berilmu dan tawadhlu.

2. Harta.
Harta adalah sumber penghidupan didunia, semakin banyak harta maka semakin mudah kita bersodaqoh dan bersedekah kepada sesama. sayangnya tidak semua orang bisa mengendalikan akal ketika sudah dibutakan dengan harta yang berlimpah, ada yang kikir, pelit, sombong pada harta yang ia miliki, merasa bisa membeli semua hal didunia ini dengan uang. Padahal dibalik itu semua Allah SWT menyukai orang yang kaya dan zuhud.

3. Kekuasaan.
hampir sama dengan harta, kekuasaan adalah hal yang megah didunia ini. tapi dimata agama kekuasaan adalah sesuatu yang sakral, dimana kekuasaan tidak boleh dipegang oleh sembarang orang. tentu hanya orang yang fakih dalam agama lah yang mampu menjadi penguasa karena diharapkan bisa berlaku adil. tapi sekarang realita menunjukan bahwa orang bodoh pun bisa berkuasa, kemudian berlaku dzalim semata-mata hanya menyenangkan orang-orang terdekatnya tanpa memikirkan rakyat yang lain. Padahal dibalik itu semua Allah SWT menyukai orang yang berkuasa dan menggunakan kekuasannya untuk membantu orang lain dan diikuti dengan kerendahan hati.

Ketiga hal di atas adalah pencetus kesombongan. Padahal kita semua tahu bahwa manusia itu hanya mahkluk lemah. Dan tidak mungkin masuk surga manusia yang ada kesombongan, walalupun hanya sebesar biji sawi didalam hatinya. Semoga Allah SWT menjauhkan kita dari sifat sombong. amien :)
 
;