Saturday 11 February 2012

Valentine Day (Yess or No)


Valentine.. apa itu??? sebelum merayakannya lebih baik kita mengerti seluk beluknya terlebih dahulu. dari manakah asal-usulnya??? simak baik-baik yaaaah..

Hari Valentine atau disebut juga Hari Kasih Sayang, pada tanggal 14 Februari adalah sebuah hari di mana para kekasih dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya di Dunia Barat. Asal-muasalnya yang gelap sebagai sebuah hari raya Katolik Roma didiskusikan di artikel Santo Valentinus. Hari raya ini tidak mungkin diasosiasikan dengan cinta yang romantis sebelum akhir Abad Pertengahan ketika konsep-konsep macam ini diciptakan. iya, memang dari awal valentine day ini belum ada cerita tentang pemberian coklat, kado, atau sesuatu untuk kekasih yang disayangi. barulah setelah abad 18-20 mulailah orang-orang barat mulai mengartikannya dengan menyatakan cintanya dalam bentuk coklat atau kado..

Valentine sendiri diambil dari nama pendeta santa valentinuss, ceritanya dari Paus Gelasius I, pada tahun 496, menyatakan bahwa 14 Februari ditetapkan sebagai hari raya peringatan santo Valentinus. Ada yang mengatakan bahwa Paus Gelasius I sengaja menetapkan hal ini untuk mengungguli hari raya Lupercalia yang dirayakan pada tanggal 15 Februari.

Sisa-sisa kerangka yang digali dari makam Santo Hyppolytus dia Via Tibertinus dekat Roma, diidentifikasikan sebagai jenazah St. Valentinus. Kemudian ditaruh dalam sebuah peti emas dan dikirim ke gereja Whitefriar Street Carmelite Church di Dublin, Irlandia. Jenazah ini telah diberikan kepada mereka oleh Paus Gregorius XVI pada 1836. Banyak wisatawan sekarang yang berziarah ke gereja ini pada hari Valentine, di mana peti emas diarak-arak dalam sebuah prosesi khusyuk dan dibawa ke sebuah altar tinggi. Pada hari itu sebuah misa khusus diadakan dan dipersembahkan kepada para muda-mudi dan mereka yang sedang menjalin hubungan cinta.

Nahhh loooo, syudah tau sekarang??? valentine bukan saja perayaan yang dilarang, melainkan ini adalah perayaan orang-orang katholik. yang tentunya akidah kita berseberangan dengan mereka. dari kisah yang sebenarnya kita tau bukan??? bahwa valentine itu hari perayaan untuk santa valentinus.

Kenapa tidak diperbolehkan merayakanya??? jawabannya mudah..

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ

Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk golongan mereka”.

Menunjukkan siapa saja yang berusaha meniru-niru/menyerupai seseorang, maka ia seperti orang yang ia serupai dalam keadaan dan tempat kembalinya.
Barangsiapa yang menyerupai orang-orang shaalih, maka orang itu pun shaalih dan akan dikumpulkan (kelak) bersama mereka. Dan begitu juga sebaliknya bagi orang yang menyerupai orang-orang kafir atau fasiq.

Al-Munaawiy rahimahullah berkata :

وقيل المعنى : من تشبه بالصالحين وهو من أتباعهم يكرم كما يكرمون، ومن تشبه بالفساق يهان ويخذل كهم، ومن وضع عليه علامة الشرف أكرم وإن لم يتحقق شرفه، وفيه أن من تشبه من الجن بالحيات وظهر بصورتهم قتل....

“Dikatakan maknanya adalah : barangsiapa yang menyerupai orang-orang shaalih, maka ia termasuk orang yang mengikuti mereka. Ia pun dimuliakan sebagaimana orang-orang shaalih itu dimuliakan. Barangsiapa yang menyerupai orang-orang fasiq, maka akan dihinakan dan direndahkan sebagaimana mereka (dimuliakan dan direndahkan). Dan barangsiapa yang diletakkan padanya tanda-tanda kehormatan, ia lebih mulia meskipun kehormatannya itu tidak kelihatan. Dalam hadits itu juga terdapat faedah : barangsiapa menyerupai ular dan nampak dalam bentuknya (seperti ular) dari kalangan jin, boleh dibunuh.

Yaap, larangan keras dari rasulullah untuk tidak mengikuti atau menyerupai suatu kaum. kecuali kaum-kaum rasulullah (islam) yang shaleh.

Kita bisa memberikan ungkapan cinta kasih kepada orang-orang yang kita sayangi kapan saja kita mau, setiap bulan, setiap hari, setiap jam, setiap menit. tidak harus dibulan febuary, tidak harus mengikuti trend orang-orang barat, cukup kita lakukan dengan ikhlas dan tuluss, maka semua ungkapan cinta kita itu menjadi sesuatu yang spesial dan sangat indah. hahaha *curhat
 
;